Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pjs. Bupati Sidoarjo Pimpin Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila ke-59 Tahun 2024


Liputan5news.com - Sidoarjo. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 di alun-alun Sidoarjo, Selasa(1/10). Upacara dipimpin langsung oleh Pjs. Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori, serta di hadiri oleh Forkopimda dan para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Upacara yang khidmat ini menjadi momentum penting bagi daerah untuk memperteguh semangat persatuan dan keadilan.


Adapun peserta yang hadir dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila, TNI, Polri, Asn, Mahasiswa, Pelajar, Paskibraka, Veteran dan undangan lainnya. Tema dalam Hari Kesaktian Pancasila yang ke 59 ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.


"Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas," tak hanya menggugah semangat kebangsaan tetapi juga menegaskan komitmen untuk mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia di masa depan. Dalam situasi global yang semakin kompleks dan dinamis, Pancasila tetap menjadi pemandu arah dalam menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan politik.


Pjs. Bupati Sidoarjo membacakan teks Pancasila, menegaskan kembali pentingnya menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila di setiap aspek kehidupan. Sementara itu, Ikrar Hari Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, mengingatkan semua pihak bahwa menjaga persatuan dan keadilan adalah tanggung jawab bersama. Tak ketinggalan, Hendra Pranata, Kepala SDN Gedangrowo, turut membacakan Pembukaan UUD 1945 sebagai pengingat akan pentingnya landasan konstitusional dalam kehidupan bernegara.


Muhammad Isa Anshori menekankan bahwa tantangan ke depan tidak hanya persoalan pembangunan fisik, tetapi juga menjaga nilai-nilai kebangsaan di tengah era digital dan globalisasi.


 "Hari Kesaktian Pancasila ini mengingatkan kita semua akan peran penting Pancasila sebagai identitas bangsa. Di tengah arus globalisasi, Pancasila tetap menjadi dasar dan pedoman utama dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa," ujarnya.


Upacara yang berlangsung dengan penuh kekhidmatan ini menegaskan bahwa Pancasila tidak hanya sekadar ideologi, tetapi juga menjadi pedoman bagi setiap individu dalam bersikap dan bertindak demi kebaikan bersama. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sidoarjo menegaskan komitmen daerah ini untuk terus menjadikan Pancasila sebagai dasar yang kuat dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan.(Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar