Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pemkab Sidoarjo Ajarkan Pelaku UMKM, Komunitas serta Mahasiswa Manfaatkan AI


Liputan5news.com - Sidoarjo.  Masyarakat Sidoarjo diajari memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan oleh Dinas Komunikasi dan  Informatika/Kominfo Kabupaten Sidoarjo. Mereka dilatih untuk mengelola media sosial, website serta membuat konten otomatis lewat Bimbingan Teknis/Bimtek Pemanfaatan AI dalam Kehumasan Digital Tahun 2024. Ada 60 orang dari pelaku UMKM, komunitas serta mahasiswa yang ikut. Selama dua hari, ilmu itu dibagikan oleh Tenaga Ahli Komunikasi Publik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang juga Praktisi Teknologi Komunikasi Digital (AI), H. Erry Farid S.Sos, MSi di Kantor BKD Sidoarjo, Selasa-Rabu, (1-2/10). Selain ilmu yang didapat, peserta Bimtek akan menerima sertifikat sebagai bukti partisipasi dan kompetensi yang telah diperoleh. 


Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo Noer Rochmawati mengatakan saat ini sudah masuk era digital. Teknologi digital berkembang pesat. Kecerdasan buatan atau AI telah memainkan  peran   penting  dalam kehidupan. Termasuk dalam kegiatan   kehumasan.  Strategi komunikasi pemasaran digital juga banyak menggunakan AI. AI pun juga kerap dimanfaatkan masyarakat dalam produksi konten kreatif di media digital. 


"Teknologi ini memungkinkan pelaku usaha kecil, komunitas, mahasiswa, dan pelajar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan perancangan strategi  komunikasi  pemasaran  digital," ucap Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo Noer Rochmawati. 


Disampaikannya, umumnya pemanfaatan  AI  berfokus pada pengelolaan media sosial dan website, membuat konten otomatis. Selain itu AI dapat digunakan untuk menganalisis  sentimen  publik serta membantu masyarakat khususnya pelaku usaha bersaing  di  target segmen pasar yang semakin kompetitif. Oleh karenanya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo merasa perlu menyelenggarakan Bimtek Pemanfaatan AI dalam Kehumasan Digital seperti ini. 


"Kegiatan ini bertujuan memberikan masyarakat Kabupaten Sidoarjo pemahaman dasar tentang pemanfaatan AI dalam komunikasi kehumasan dan perancangan strategi pemasaran  digital,  mengoptimalkan  pemanfaatan  teknologi  dalam  berbagai aspek termasuk kehumasan, serta memberikan pengalaman praktis dalam menggunakan alat-alat AI,"ujarnya. 


Ia berharap melalui kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan masyarakat Sidoarjo dalam memanfaatkan teknologi AI. Mereka akan dibekali keterampilan menggunakan alat AI dalam strategi komunikasi digital. Pemahaman praktis tentang cara memanfaatkan AI dapat diperoleh lewat Bimtek kali ini. Bagaimana menciptakan konten kreatif media kehumasan atau pemasaran dapat diterapkan oleh pelaku UMKM, Komunitas serta mahasiswa dalam aktivitas kreatifnya. 


"Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Dinas Komunikasi dan  Informatika Kabupaten Sidoarjo untuk bertransformasi menuju pelayanan informasi publik yang lebih modern, transparan, dan responsif terhadap perkembangan zaman,"pungkasnya.(Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar