Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

KPU Sidoarjo Sambut Kirab Maskot Si Jalih di Kawasan Terminal Porong


Liputan5news.com - Sidoarjo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, secara resmi memulai rangkaian acara kirab maskot Pilkada 2024, pada Selasa (8/10) siang.


Dengan mengambil spot lokasi di kawasan Terminal Porong, acara kirab Maskot Pilkada serentak se-Jatim. Untuk maskot PilKada Jawa Timur yang diberi lebel resmi bernama “Si Jalih", diawali dengan menerima delegasi dari KPU Kabupaten Pasuruan.


Dengan membawa maskot Pilkada kebanggaannya, rombongan jajaran Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan yang datang dengan konvoi menggunakan mobil VW dan vespa tersebut disambut semua jajaran Komisioner KPU Sidoarjo di pintu gerbang lokasi acara.


Acara dihadiri perwakilan seluruh jajaran pelaksana Pilkada di tingkatan kecamatan (PPK) dan tingkatan Desa (PPS).


Gebyar acara kirab maskot Pilkada Serentak Jawa Timur berlangsung sangat meriah dengan berbagai macam rangkaian acara hiburan mulai dari pagelaran tari-tarian hingga musik. Panggung yang besar dan megah menambah semarak acara kirab yang digelar ditengah sengatan terik matahari itu.


Tampak hadir juga semua jajaran pejabat Forkopimda Sidoarjo serta seluruh serta pimpinan partai Hadir pula perwakilan dari KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Umam selaku kepala divisi teknis penyelenggaraan.


Ketua KPU Sidoarjo, Fauzan Adhim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara kirab maskot Pemilukada. Pihaknya juga memohon maaf bila acara kirab maskot mengganggu aktivitas perdagangan di lingkungan Pasar Porong.


Lebih jauh, dia menyatakan bahwa sukses terselenggaranya acara sosialisasi kirab maskot Pemilukada ini diharapkan bisa semakin meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta memberikan suaranya dalam Pemilukada yang akan dihelat secara serentak pada 27 November 2024 nanti.


Sambutan senada juga diungkapkan oleh Pjs Bupati Sidoarjo Dr Isa Anshori yang mengungkapkan harapannya semoga Pemilukada di Sidoarjo bisa berjalan dengan lancar,aman dan damai.


"Saya berharap mudah-mudahan Pemilukada di Sidoarjo bisa jadi percontohan untuk kabupaten - kabupaten lainnya," harap pejabat sementara Sidoarjo asli Madura itu.


Usai prosesi acara serah terima Maskot Pemilukada Jawa Timur Si Jalih dari Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Ainul Yaqin kepada Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Fauzan Adhim, seluruh rangkaian acara kirab Mascot ditutup dengan acara pelepasan kembali seluruh rombongan Kirab Maskot Pilkada Jawa Timur guna melanjutkan prosesi kirab menuju kecamatan se kabupaten Sidoarjo.


Rencanannya KPU Sidoarjo menjadwalkan melakukan kirab keliling Maskot Kasijo pada tanggal 9 Oktober hingga 11 Oktober 2024.


“Maskot dari masing - masing KPU Zona 2 akan dikirab sesuai jadwal yakni tanggal 9 Oktober keliling di 6 kecamatan yakni Porong, Jabon, Tanggulangin, candi, Tulangan, Krembung. Tanggal 10 Oktober keliling 6 kecamatan yakni Prambon, Tarik, Balongbendo, Krian, Wonoayu, Sukodono dan terakhir tanggal 11 Oktober keliling ke wilayah Taman, Waru, Sedati, Gedangan, Buduran hingga Kecamatan Kota Sidoarjo,”ujar Fauzan.


“Jadi nanti akan ada 20 maskot dari 19 KPU kab/kota di Jawa Timur untuk rute 2 dan 1 maskot KPU Jatim yang akan dikirab di Sidoarjo. Hanya saja, khusus maskot KPU Jatim dan KPU Sidoarjo berwujud orang-orangan mengenakan kostum Si Jalih dan Guk Kasijo, ” terangnya.


Sedangkan 18 maskot kab/kota lainnya, imbuhnya, dikirab dalam bentuk boneka kecil dalam bungkus mika atau plastik. Sebanyak 18 maskot milik kab/kota di jalur 2 yang dijadwalkan ikut kirab di Sidoarjo antara lain: maskot Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. malang, Kota Malang, Kota Baru, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Kab Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, dan Kab Pasuruan dan Maskot Sidoarjo.(Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar