Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Dikonfirmasi Kesiapan Data Petugas KPPS dan TPS di Kecamatan Tongas, Panwascam Hingga PPK Kompak Tak Bisa Jawab


Probolinggo,Liputan5news.com - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau lebih dikenal dengan sebutan KPOS, adalah kelompok yang dibentuk oleh Panitia pemungutan suara (PPS) atas nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota yang melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) di tempat pemungutan suara. 

KPPS dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilihan umum berpedoman pada asas mandiri; jujur; adil; kepastian hukum; tertib; kepentingan umum; terbuka; proporsional; profesional; akuntabel; efektif; efisien; dan aksesibilitas.

Namun, patut di pertanyakan komitmen pada pelaksanaan tugasnya sebagai penyelenggara pesta demokrasi di pilkada yang akan digelar tahun ini, baik di kabupaten probolinggo ataupun pemilihan Gubernur Jawa Timur,baik KPPS, PPK, hingga Panwas di kecamatan Tongas kabupaten Probolinggo serentak tidak bisa menjawab ataupun memberikan informasi secara profesional dan terbuka saat dikonfirmasi media ini terkait jumlah nama petugas KPPS, hingga petugas TPS dan jumlahnya yang ada di wilayah kecamatan. 

Sunarmo, ketua KPPS di desa wringinanom kecamatan Tongas saat dikonfirmasi tentang kesiapan data TPS, berikut petugasnya mengarahkan ke kantor desa. "Mohon untuk ke balai desa nama nama dan jumlah TPS, harap maklum. Balasnya via whatsapp. 

Hal senada juga di ungkapkan Haifur, salah satu petugas di Panwas kecamatan Tongas, saat dikonfirmasi tentang data jumlah TPS berikut petugasnya mengarahkan untuk minta ke KPU atau PPK kecamatan. "Ke KPU /PPK aja mas, kalau sampean minta sebagai bahan pengawasan berbasis masyarakat, saya pun minta ke PPK sebagai bahan pengawasan. Ungkapnya. 

Sementara, Fathurrosi. Petugas PPK kecamatan Tongas saat dikonfirmasi media ini melalui sambungan perpesanan whatsapp terkait data PPS, TPS berikut petugas yang masuk terdaftar didalamnya,tidak membalasnya. (Has/ze)

Posting Komentar

0 Komentar