Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H “Meneladani Integritas Nabi: Membangun Karakter Pemimpin di Era Society 5.0”


Liputan5news.com - Sidoarjo. Sebagai sekolah yang mempunyai visi mencetak generasi muslim menjadi khalifatullah fil ardh yang abdillah, rahmatan lil ‘alamin dan berakhlakul karimah, SMP Al Muslim memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan tema “Meneladani Integritas Nabi: Membangun Karakter Pemimpin di Era Society 5.0”. Acara ini berlangsung pada hari Selasa, 17 September 2024 dan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB. 


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru-guru di Aula SMP Al Muslim. Adanya kegiatan ini bertujuan mendidik siswa untuk meneladani karakter pemimpin Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. 


Peringatan maulid ini dilaksanakan sebagai wujud cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW yang mana dengan kepemimpinannya telah membawa agama islam kepada umat manusia hingga dikenal di seluruh dunia. Sifat kepemimpinan dari Nabi Muhammad SAW inilah yang menjadi tema dalam peringatan maulid nabi kali ini dan diambil untuk diteladani dalam kehidupan sehari-hari.


Pada kegiatan peringatan maulid Nabi ini, SMP Al Muslim mengadakan kegiatan tausiah dengan mendatangkan narasumber dari luar yakni Bapak Hasan Mahfudh, M.Hum. yang merupakan dosen Ilmu Hadits Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 


Pada kegiatan ini diawali dengan pra acara yang dibawakan oleh siswa siswi SMP Al Muslim yakni Karin, Ilzam (VIII Abdurrahman bin Auf), Vesha, dan Hakim (IX Umar bin Khattab) yang mempersembahkan performa yang baik dalam menyanyikan lagu-lagu bernuansa islami.


Acara ini kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dipandu oleh Nika (IX Utsman bin Affan) dan Aca (IX Abu Bakar). Pada acara ini diawali dengan pembacaan basmalah dengan harapan semoga acara ini berjalan dengan lancar tanpa halangan. Acara yang kedua yaitu pembacaan tilawah oleh Putra (VII Ali bin Abi Thalib) dan sari tilawah oleh Husna (VII Utsman bin Affan). Putra dan Husna membacakan tilawah dan sari tilawah surat Al-Ahzab ayat 21-25. “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (Q.S. Al-ahzab 21)


Acara yang ketiga yakni sambutan yang disampaikan oleh ustazah Nailah Alfin Nafidatur Rohmah, S.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan Maulid Nabi ini. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa karakter pemimpin bisa diteladani dari sifat-sifat yang sudah Nabi Muhammad SAW ajarkan. “Pemimpin bukan hanya tentang bagaimana kita bisa memimpin orang lain tetapi juga bisa berkaitan dengan bagaimana kita bisa memimpin diri kita sendiri kearah yang lebih baik, mengupgrade pribadi dari yang sebelumnya banyak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah menjadi pribadi yang senantiasa melakukan kebaikan.” ujarnya di dalam sambutan.


Pada acara inti yaitu penyampaian tausiah oleh bapak Hasan Mahfudh, M.Hum. Dalam tausiahnya bapak Hasan Mahfudh menyampaikan “Ada empat sifat Nabi Muhammad SAW yang bisa kita teladani dalam hal kepemimpinan yaitu kejujuran, tabligh - istiqomah, tanggung jawab/amanah, dan intelegensi/fathonah.”


Selesai penyampaian tausiah, para siswa tampak antusias dalam bertanya kepada narasumber. Terdapat beberapa siswa yang bertanya seputar materi yang telah disampaikan. Setelah sesi tanya jawab dilanjutkan dengan pemberian door prize kepada siswa siswi yang aktif dalam bertanya. 

Selain itu, para siswa juga diajak untuk mengisi google form, dimana para siswa bermuhasabah diri dengan menuliskan tingkah laku yang sebelumnya dirasa masih kurang benar dan kedepannya harus mereka perbaiki dengan langkah-langkah yang sudah mereka rancang sendiri supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Hal ini disampaikan oleh ustazah Ummul Jazilah, S.Ag., M.Pd. selaku pengampu PAI sekaligus sie acara pada kegiatan ini.


“Pengisian form ini dimaksudkan supaya anak-anak sadar akan hal-hal yang dirasa memerlukan perbaikan dalam diri mereka dan mereka juga harus bisa mencari solusi untuk memperbaiki hal tersebut sehingga hal ini akan menumbuhkan sikap bertanggung jawab atas diri sendiri.” ujarnya.


Lanjut ustazah Ummul Jazilah melalui kegiatan peringatan Maulid Nabi ini, SMP Al Muslim berharap para siswanya dapat meneladani sifat kepemimpinan yang ada pada Nabi Muhammad SAW serta menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Hal ini juga sesuai dengan jargon dari sekolah SMP Al Muslim yang merupakan Sekolah Sang Pemimpin. (Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar