Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

BUMDesma Berkah Insan Sentosa Wonorejo Berkomitmen Dongkrak Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Usaha Masyarakat Pedesaan



Pasuruan,Liputan5news.com - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) diyakini membawa tatanan perekonomian di wilayah pedesaan menjadi lebih baik. Karena BUMDesma didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat desa untuk saling bekerja sama dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan, serta kemakmuran masyarakat desa.

Ketua BUMDesma Berkah insan sentosa, Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan M.khoir , senin (23/9/2024) mengatakan BUMDesma ini berdiri berkat sinergitas Pemerintah Desa,Kementerian Desa PDTT dan BUMN untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan perdesaan.

“Saat ini BUMDesma Berkah insan sentosa merangkul 15 desa yang ada di Kecamatan Wonorejo dan mampu menguasai 50 persen ekonomi di tingkat desa. Karena hampir seluruh produk UMKM seperti pelaku usaha warung kopi, makanan ringan, batik, kerajinan dan juga produk pertanian penjualannya melalui BUMDesma,” ungkap direktur Berkah insan Sentosa. 

Sejalan dengan M. Khoir, bendahara Bumdesma,Wardah muchlisoh yang saat itu mendampingi sang Direktur menyebutkan, guna memperluas pangsa pasar, dan jaringan BUMDesma Berkah insan Sentosa ini sudah menerapkan penjualan secara daring, yakni melalui platform-platform digital.

Sebagai badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, pengembangan BUMDesma ini merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa, serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal.

“Pemberdayaan dari masyarakat sendiri sangat kelihatan sekali, artinya dulu orang yang tidak bersemangat menggeluti usaha,sekarang bersemangat. Dengan demikian, BUMDesma ini memperkuat perekonomian dan juga meningkatkan pendapatan asli desa karena menjadi wadah para pelaku usaha masyarakat di pedesaan,” tegas wanita berhijab ini .(ze/has)

Posting Komentar

0 Komentar