Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Rayakan HUT RI Ke 79, Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo Suguhkan Asal - usul Candi Pari Dalam Shining Jayandaru


Liputan5news.com - Sidoarjo. Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo ikut berpartisipasi memeriahkan peringatan HUT RI ke 79 yang digelar oleh Pemkab Sidoarjo. Acara karnaval Shining Jayandaru yang di gelar di depan Monumen Jayandaru dan finish di Parkir Timur GOR Delta Sidoarjo ini bertajuk "Sidoarjo Local Wisdom". Minggu (18/8/2024). 


Berbagai OPD turut meramaikan karnaval Shining Jayandaru salah satu diantaranya adalah Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo.


Plt. Kepala Bagian Umum sekaligus selaku Koordinator Shining Jayandaru mewakili Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo, Sri Sugiarti, S.Pd. menyampaikan hari ini kami sebanyak 30 orang dari Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo berpartisipasi mengikuti karnaval terbesar se - Jawa Timur, Shining Jayandaru, Sidoarjo Carnival 2024.


"Pada karnaval kali ini kami mengambil tema asal - usul Candi Pari," tambah Sri Sugiarti.

Lebih lanjut Sri Sugiarti menyampaikan asal usul Candi Pari "di Suatu tempat yang hening dan sejuk tinggallah seorang laki - laki tua yang terkenal sakti dan bijaksana dengan ilmu kekuatan gaibnya, beliau adalah Kyai Gede Penanggungan," jelasnya. 


"Kyai Gede Penanggungan mempunyai putri yang cantik bernama Dewi Walang Angin. Kyai Gede Penanggungan menikahkan putrinya dengan Jaka Padelegan yang merupakan salah satu muridnya. Dengan amanah wasiatnya di berikan benih padi agar dibagikan ke rakyat yang membutuhkan," jelasnya.



Masih kata Sri Sugiarti tetapi apa yang terjadi putri dan menantunya lupa dan ingkar akan janjinya. Rakyat meminta dan membutuhkan benih itu namun tidak diberikan.

"Akhirnya Kyai Gede Penanggungan tahu akan keburukan putri dan menantu yang sombong, tidak mau berbagi ketika sudah kaya raya. Murka lah sang kyai dengan sumpah dan ucapannya, putri dan menantunya perlahan berubah wujud menjadi Candi Pari. Begitulah asal - usul terbentuknya Candi Pari," ungkapnya.


Sri Sugiarti juga menyampaikan harapannya "semoga dengan tema yang kami pilih ini masyarakat mengetahui sejarah adanya Candi Pari dan ke depan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sidoarjo," ungkapnya.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Sekwan Sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo Hari Sucahyono, S.H., M.Si. yang telah memberikan support terhadap acara ini," tandasnya.


Sementara itu Jaka Siswanto selaku pelatih dan juga sutradara menyampaikan tema ini kita ambil bukan untuk menang atau pun kalah, namun dari tema ini bisa kita ambil pelajaran bahwa kalau sudah menjadi seseorang ini jangan lupa kepada rakyat ataupun masyarakatnya. 


"Tema ini kami ambil secara spontan sesuai dengan kondisi yang ada pada hari ini. Tema ini juga sangat sesuai dengan kondisi para anggota dewan supaya mereka tidak lupa akan janji - janjinya kepada rakyat," tandasnya.(Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar