Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

KKN UPM Optimalisasi Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat


Liputan5news.com Probolinggo – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Panca Marga mengadakan kegiatan Optimalisasi pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat di desa curahsawo. Rabu (28/8/2024).

Kebersihan merupakan salah satu sektor yang penting bagi kehidupan setiap warga. Pemerintah setempat selalu menyuarakan agar kita hidup bersih, seperti cuci tangan, selalu buang sampah pada tempatnya.

Kenapa membuang sampah pada tempatnya diperlukan agar tidak terjadinya angka pasien demam berdarah yang akhir akhir ini terjadi di kabupaten probolinggo, itu salah satu solusi agar masalah demam berdarah tidak meningkat.

Lingkungan wajib dikembangkan kemampuannya agar tetap menjadi sumber dan penunjang semua makhluk hidup, khususnya manusia dalam mengelola lingkungan hidup agar terarah sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kebersihan lingkungan mempunyai arti sebuah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau. Kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dan keji dalam rangka mewujudkan yang sehat dan nyaman.
Oleh karena itu, dilaksanakannya program 
pengadaan tempat sampah agar tetap menjaga kebersihan” ini diharapkan dapat meminimalisir efek dan menuntaskan permasalahan yang dijelaskan sebagaimana diatas.

Dengan adanya pengadaan tempat sampah diharapkan warga sekitar lebih perhatian terhadap kebersihan sekitar dan membuat warga sekitar ingin membuang sampah pada tempatnya, karena banyak manfaat yang didapatkan jika membuang sampah pada tempatnya, salah satu contohnya adalah membuat kondisi sekitar enak dipandang dan membuat nyaman untuk ditinggali, contoh yang lain bisa terbebas dari banjir yang nantinya akan menyusahkan warga sekitar jika benar benar terjadi, dan masih banyak contoh lainnya. (Red)

Penulis:
KKN UPM Desa Curahsawo.

Posting Komentar

0 Komentar