Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Sukseskan Pilkada 2024, KPUD Kabupaten Sidoarjo Jalin Sinergitas Dengan Media


Liputan5news.com - Sidoarjo. Dalam rangka menyukseskan Pilkada 2024 KPUD Kabupaten Sidoarjo menggelar media gathering bersama awak media. Dengan tema "Peran Media dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024" awak media diharapkan bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait tahapan - tahapan Pilkada. 


Kegiatan yang dihadiri oleh ketua KPUD Sidoarjo, Komisioner KPUD Sidoarjo beserta staf dan para wartawan dari Sidoarjo diadakan di Royal Tretes View Hotel. Jumat (26/7/2024)


Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Fauzan Adim menyampaikan puji syukur kepada Allah SWT kita diberikan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di acara ini. Kami juga mengucapkan beribu - ribu terimakasih kepada teman - teman media yang telah menyempatkan waktunya datang di acara ini. 


"Kami dari KPU meminta bantuan kepada teman - teman media untuk menginformasikan kepada publik masyarakat Sidoarjo untuk menyampaikan tahapan - tahapan dan hal - hal termasuk kegiatan - kegiatan yang dilakukan oleh KPU sehingga masyarakat tahu dan memahami terkait tahapan - tahapan kegiatan tersebut. 


Lanjut Fauzan harapan besar kami dari KPU adalah informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat nanti terketuk hatinya untuk berbondong - bondong ke TPS pada tanggal 27 November 2024 untuk memberikan hak suaranya. 


"Keberhasilan pemilu membutuhkan kerjasama multi pihak. Pertemuan kita pada hari ini adalah usaha kita untuk melakukan simbiosis mutualisme antara KPU dan Media," ungkapnya. 


Sementara Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Mokhamad Yasin yang merupakan humas KPU Kabupaten Sidoarjo menyampaikan kita baru pertama kali ini kita berkumpul bersama antara penyelenggara dengan media. Harapan kami ini sebagai wujud untuk membangun simbiosis mutualisme untuk menyukseskan Pilkada. Artinya kita sebagai penyelenggara bisa menyampaikan informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui media. 


"Keberhasilan Pilkada berkat kerja sama dengan multipihak bukan hanya kerjasama KPU dan Bawaslu saja ," tambahnya.


Masih di tempat yang sama, Tovic wartawan harian surya selaku pemateri ke dua menyampaikan Sinergitas yang berasal dari kata sinergi bermakna bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal. Syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat dan kreatifitas. Dalam hal ini KPU dengan wartawan di Sidoarjo. 


"Bentuk sinergi KPU dengan media antara lain bisa terkait sosialisasi dan pendidikan pemilih, program bersama untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kampanye informasi mengenai prosedur dan pentingnya Pilkada dll," jelasnya.


Lanjut Tovic peran media di Pilkada Sidoarjo yakni :

- informasi dan edukatif yaitu menyampaikan informasi tentang calon, program, dan proses pemilihan serta edukasi politik kepada masyarakat.

- Diskusi dan debat publik yaitu mendorong diskusi dan debat antara calon dan pemilih menyediakan platform untuk diskusi kebijakan dan isu - isu penting. 

- kontrol sosial yaitu mengawasi jalannya proses pilkada agar transparan dan akuntabel, melaporkan pelanggaran dan kecurangan

- Membangun partisipasi yaitu mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada, menyediakan ruang bagi suara - suara minoritas. 


"Media massa dalam pilkada hendaknya netralitas dan independensi, menjaga netralitas dalam pemberitaan, menghindari intervensi politik dan ekonomi," pungkas Tovic.(Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar