Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

Jalin Sinergitas, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Hadiri Rapimnas LSM LIRA di The Sun Hotel Sidoarjo


Liputan5news.com - Sidoarjo. Dipuncak perayaan HUT ke 19 LSM LIRA menggelar Rapimnas tahun 2024 yang digelar di The Sun Hotel, pada hari Rabu, (26/06/2024). 


Rapimnas LSM LIRA tahun 2024 dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Gubernur LSM LIRA Jawa Timur yang baru terpilih Samsudin, Bupati LSM LIRA Sidoarjo Winarno ST. SH. MHum., serta perwakilan dari DPP, DPW, dan DPD LSM LIRA se-Indonesia. 


Kehadiran tamu undangan lainnya seperti Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, M.Kes., Polresta Sidoarjo diwakili AKP Hafid Dian Maulidi, dari Ormas Pemuda Pancasila H. Mursidi, FKPPI Joko, Ketua DPC PDI-P Sumiharsono, BPJS Ketenagakerjaan, serta Kodim 0816 Sidoarjo, menambah semarak acara. 


Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Usman, M.Kes menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-19 sahabat-sahabatku LSM LIRA semoga LSM LIRA makin jaya dan makin eksis dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat. Bagi kami LSM LIRA dan DPRD itu sama yakni sama-sama sebagai fungsi kontrol, kami juga sama-sama sebagai fungsi sosial.Tapi kadang-kadang gerak kita di DPRD ini merasa kalah banter dengan LSM LIRA. Gerak dari DPRD lebih sering didahului oleh LSM LIRA. LSM LIRA menemukan sesuatu langsung gerak baru kami di DPRD tahu. Hasil dari temuan LSM LIRA ini baru kami menindak lanjuti. Saya sangat mengapresiasi pergerakan LSM LIRA. 


"Saya sangat berharap kepada LSM LIRA agar kita menjadi mitra yang bagus, menjadi sahabat yang saling bekerjasama dalam rangka memperjuangkan hak-hak masyarakat. Insya Allah penjenengan termasuk orang-orang yang muklis, orang-orang yang ikhlas, semoga penjenengan semua ahli surga. Mudah-mudahan mendapatkan kemurahan rezeki, dan diberikan keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah dan yang paling penting adalah istiqomah dalam perjuangan,"jelasnya.  


Masih kata Usman kami atas nama bagian dari pemerintahan Sidoarjo tidak bisa bekerja sendiri. Kami perlu kerjasama dengan LSM LIRA karena LSM LIRA ada di mana-mana dan telinga LSM LIRA dan mata LSM LIRA selalu memantau situasi sosial yang ada di masyarakat. Sehingga selama ini LSM LIRA yang sudah memberikan aspirasi kepada kami dan kami yang menindaklanjuti, kami sangat berharap kerjasama terus kita laksanakan. 


"Apa yang dibutuhkan oleh Lira kami memfasilitasi," tegas Usman.  


Usman juga menyampaikan terkait perda disabilitas yang diperjuangkan oleh LSM LIRA segera kami sah kan, kami di DPRD hanya menginisiasi pembentukan naskah akademiknya sebagai kajian untuk kita bahas dan sekarang sudah mendapatkan persetujuan. Untuk itu kami mohon kepada rekan-rekan LSM LIRA untuk mengawal jangan sampai perda ini hanya seremonial dibentuk namun tidak ada implementasi di lapangan. 


"Walaupun perda ini inisiatif dari DPRD namun sebelumnya kami mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada kepala daerah. Terkait perda disabilitas bupati siap nggak konsekuensinya ? Kalau sudah ada perda disabilitas berarti ada sebuah kewajiban - kewajiban bagi pemerintah daerah terhadap disabilitas yakni harus ramah dan peduli kepada kaum disabilitas. Maka di sinilah butuh kontrol dari teman-teman LSM LIRA


Sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas dan HUT LSM LIRA ke-19, Bupati LSM LIRA Sidoarjo Winarno, S.T., S.H., M.Hum, kepada awak media menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan kehadiran ketua DPRD Sidoarjo dia acara Rakernas dan HUT LSM LIRA ke-19 ini. Semoga kita bisa bersinergi untuk Sidoarjo yang lebih baik.  


"Rakernas pada hari ini bersifat nasional sekaligus HUT LSM LIRA ke-19. Kebetulan DPD Sidoarjo ditunjuk oleh DPP sebagai pelaksana, alhamdulillah perwakilan-perwakilan LSM LIRA se Indonesia hadir dan juga tamu undangan hadir pada hari ini jadi secara legitimasi masyarakat mengiyakan acara ini," jelasnya. 


Winarno juga menjelaskan keberadaan LSM LIRA "kami LSM LIRA jelas memiliki ijin sesuai undang-undang, sesuai menkumham dan pada hari ini usia kita sudah 19 tahun. Legalitas kami dari negara jelas, kami berada di kelas 45 artinya fungsi kami advokasi, bela negara, pegiat-pegiat sosial ke masyarakat. 


"Kami tidak melihat LIRA-LIRA yang lain yang jelas kami memiliki banyak lembaga sayap Organisasi (LSO) kurang lebih ada 18 LSO. Makanya di lapangan banyak ditemukan LIRA, itulah LSO-LSO dari kami," ucapnya.  


"Diusia kami yang ke - 19 kami berharap ke depan bisa bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo independen, kritis dan konstruktif artinya kita.bermitra secara independen namun mengkritik secara konstruktif bagaimana kita bisa duduk bersama antara LSM LIRA dan pemerintah Sidoarjo untuk masa depan Sidoarjo yang lebih baik," ungkapnya. 


Winarno juga menyampaikan pesannya untuk para anggota LSM LIRA "pesan saya untuk anggota LSM LIRA up date diri supaya kita bisa betul-betul bisa menjadi problem solving di masyarakat," tandasnya. (Yanti)

Posting Komentar

0 Komentar