Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

POKTAN Rukun Maju Gondosuli Tingkatkan Pengolahan Kopi Khas Pasuruan Hingga Rencana Membangun Ekowisata


Liputan5news.com Pasuruan - Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ada 4.365 hektar lahan kebun kopi yang ditanam lebih dari ribuan petani ada di Kabupaten Pasuruan. Dengan lahan seluas itu, sebanyak 1.176,9 ton biji kopi kering mampu diproduksi setiap tahun.

Meningkatnya budidaya dan pengolahan kopi ini juga tampak dilakukan salah satu petani kopi asal dusun Gondosuli desa puspo kecamatan puspo kabupaten pasuruan. Suranto 45 tahun.sambil menyajikan kopi hasil olahanya pada kelompok Tani (Poktan) Rukun maju8 dirumahnya yang sekaligus tempat pengolahan kopi ini menyatakan keseriusannya dalam budidaya kopi mulai penanaman hingga pengolahan biji kopi telah ditekuninya sejak tahun 2005 lalu. 

"Sejak tahun 2005 saya sudah diperkenalkan pada tanaman kopi oleh orang tua, dan mulai tahun 2017 saya tergabung pada kelompok Tani Rukun maju Delapan di dusun Gondosuli ini. Ungkapnya

Suronto menambahkan bahwa hingga kini tanaman kopinya mencapai hampir 10 .000 batang, bahkan dirinya berkeinginan membuka lokasi ekowisata kopi di daerahnya. " Saya mempunyai keinginan membuka lahan untuk ekowisata kopi, lahanya ya milik perhutani yang memang dikelola kan ke warga sini mas. Semoga bisa segera terwujud, tentunya ya perlu bantuan pemerintah untuk menyiapkan infrastrukturnya seperti akses jalan masuk dan beberapa fasilitas di lokasi Ekowisata ini nantinya." Ungkap suronto. (Ze)

Posting Komentar

0 Komentar